bagaimana menentukan target market yang benarbagaimana menentukan target market yang benar

Bagaimana Cara Menentukan Target Market Yang Benar?

Posted on

Memiliki produk yang bagus akan percuma jika Anda tidak tahu kemana akan memasarkan produk tersebut. Oleh karena itu sebelum memasarkan suatu produk. Anda harus menentukan target market terlebih dahaulu.

Menentukan target market ini sangat penting. Kenapa? Karena jika Anda salah menentukan target market untuk produk Anda. Bisa-bisa produk Anda tidak laku di pasaran alias sepi pembeli.

Pastinya Anda tidak maukan jika produk Anda tidak laku di pasaran.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Bagaimana Cara Menentukan Target Market Yang Benar?

Nah, buat Anda yang saat ini sudah memiliki produk namun belum menemukan target market yang tepat untuk produk Anda yuk baca sampai habis tulisan saya ini. 🙂

Cara Menentukan Target Market Yang Benar

Agar omzet yang Anda dapatkan dari bisnis bisa terus dan terus meningkat salah satunya adalah dengan menjual produk lebih banyak. Namun yang jadi masalahnya adalah banyak para pelaku bisnis pemula salah dalam menentukan target market. Sehingga produknya sepi pembeli.

Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa target market mereka adalah oarng-orang yang menyukai produk mereka. Seperti misalnya jika Anda menjual produk kecantikan. Maka target market Anda adalah wanita, Ibu Rumah tangga, remaja dsb.

Pastinya target market di atas terlalu umum dan akan menjadi sulit untuk melakukan strategi marketing yang jitu.

Oleh karena itu untuk menentukan target market itu haruslah jelas dan spesifik sehingga saat Anda melakukan kegiatan marketing nanti bisa lebih tertarget dan tepat sasaran.

Ada lima langkah yang bisa Anda gunakan untuk menentukan target market Anda

1. Cari Tahu Siapa Kompetitor Anda

Langkah pertama untuk menentukan target market adalah dengan mencari tahu siapa kompetitor Anda. Jika sudah tahu, lakukan spy. Atau kepoin kompetitor Anda.

Kemana ia menjual produknya. Siapa yang menjadi target marketnya. Orang-orang seperti apa yang sering membeli produknya. Sebisa mungkin cari tahu semua hal tentangnya.

2. Cari Tahu Siapa Customer Anda

Kenapa orang mau membeli produk Anda? Berawal dari pertanyaan inilah Anda mulai mencari tahu siapa customer Anda. Biasanya pembeli suatu produk itu memiliki karakter dan kesukaan yang sama.

Apalagi jika Anda menjual suatu produk yang berbasis penggemar. Ini akan sangat mudah sekali untuk Anda dalam mencari tahu tentang customer Anda. Sehingga ketika Anda ingin meluaskan pasar. Anda tinggal mentarget orang-orang yang memiliki karakter dan kesukaan yang sama dengan customer Anda.

3. Analisis Kekurangan dan Kelebihan Produk Anda

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu dalam status FB saya seringkali mengingatkan untuk menguasai produk Knowledge karena ini sangat penting.

Dengan menguasai produk knowledge Anda bisa menganalisis siapa orang-orang yang membutuhkan atau menginginkan produk Anda dan siapa saja orang-orang yang tidak membutuhkannya.

Sehingga saat melakukan aktifitas marketing Anda akan tahu siapa orang-orang yang menjadi target market Anda dan siapa yang bukan.

4. Bidik Demografi yang Sepesifik

Langkah selanjutnya setelah Anda mengetahui dan menguasai produk knowledge Anda. Anda juga bisa membidik target market Anda berdasarkan Demografi mereka.

Anda bisa menarget:

  • Negara
  • Gender (laki-lakai / Perempuan)
  • Umur
  • Bahasa
  • Pendidikan
  • Pekerjaan
  • Status
  • Sampai berapa pendapatan perbulannya

Jika Anda ingin memasarkan produk Anda dengan mentarget itu semua. Maka Anda bisa menggunakan Facebook Ads untuk mengiklankan produk/bisnis Anda.

Bagaimana cara menentukan demografi FB Ads. Anda bisa membaca notes FB dari Andi Ikhrom ini : Klik Disini

5. Bidik Psikografi yang Menjadi Target Market Anda

Selain membidik Demografi, Anda juga bisa membidik Psikografi dari target market Anda agar lebih tertarget lagi.

Psikografi sendiri adalah hal-hal yang berhubungan dengan karakter dan kepribadian seseorang.

Seperti :

  • Attitiudes
  • Personality
  • Interest/hobbies
  • Values
  • Lifestyle
  • Behavior

Untungnya Dengan FB Ads Anda bisa mentarget itu semua.

Nah itu dia 5 langkah untuk menentukan Target Market Anda.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk menentukan target market selain lima langkah di atas. Nah, kesimpulan yang bisa saya tarik dari tulisan di atas adalah menentukan target market untuk suatu produk sebelum memasarkannya sangatlah penting.

Kenapa?

Karena ini bisa mempengaruhi laris tidaknya produk Anda.

Setelah Anda mengetahui dan sudah menentukan target market Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memasarkan produk Anda ke target market tersebut. Bisa menggunakan FB Ads, Google Adword atau SEO.

Tergantung dari target market Anda. Nah jika Anda ingin memasarkan produk Anda dengan FB Ads, Anda bisa mempelajarinya di buku ini

Gravatar Image
Seorang Internet Marketer. Bukan mastah bukan juga newbie. Hanya ingin berbagi segala hal tentang Internet Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *