Jenis jenis bisnis online yang harus anda tahu

Jenis-jenis Bisnis Online yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa Anda jalankan. Saya sendiri menjalankan 2 bisnis online sekaligus yang pertama adalah online shop dan yang kedua adalah affiliate marketing.

Nah, dari sekian banyaknya bisnis online yang akan saya bahas nanti. Saya ingin menjelaskan sedikit tentang mindset dalam bisnis online.

1. Bisnis online bukanlah sebuah bisnis yang cepat kaya. Dalam proses pengembangannya bisnis online pun butuh perjuangan untuk membangunnya layaknya bisnis offline.

2. Butuh Fokus dan konsistensi dengan jenis bisnis online yang sedang dijalani hingga berhasil mendapatkan income yang Anda inginkan.

3. Apapun jenis bisnis onlinenya ada 2 hal yang selalu menjadi acuan untuk mendapatkan penghasilan yaitu Konten dan Traffik.

Sebagus apapun konten yang Anda buat tanpa adanya pengunjung (traffic) maka akan percuma. Begitu juga sebaliknya, sebanyak apapun traffik yang datang ke web, blog, atau toko online Anda maka akan percuma jika konten yang disajikan tidak sesuai dengan pengunjung yang datang.

Maka buatlah konten yang menarik dan datangkanlah traffik untuk melihat konten tersebut bisa dengan SEO, Google Adword, FBads, atau spaming.

Jenis-jenis Bisnis Online yang Harus Anda Ketahui

Ada 4 Jenis bisnis online yang harus Anda ketahui yaitu

1. Affiliate

Affiliate sendiri adalah jenis bisnis online dimana Anda memasarkan/mempromosikan produk orang lain. Setelah produk yang Anda promosikan terjual, barulah Anda mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Enaknya dari bisnis ini adalah Anda tidak perlu pusing2 memikirkan Produksi, Pengiriman, Komplain dari customer karena semua itu sudah di urus oleh pemilik produk.

Saya biasa menjual produk2 affiliate yang berbentuk digital di Ratakan.com dan Idaff.com, saya juga menjual kaos namun dengan sistem affiliate di Blazbluz.com

Nah, Anda juga bisa memulai bisnis Affiliate dengan menjual produk yang sesuai dengan minat Anda.

2. Online Shop

Online shop sendiri terbagi menjadi 3 ada Dropshipper, Reseller, Produk Owner. Dropshipper adalah dimana Anda mencari barang dari supplier lalu memasarkannya, nah ketika ada orderan, maka Anda akan memesankan produk itu ke supplier dan si supplier akan mengirimkannya atas nama anda

Reseller dimana Anda membeli barang dari supplier dan menjual barang tersebut secara online. Sedangkan produk owner sistemnya hampir sama, yang bedanya adalah pada kepemilikan produk.

3. Membership

Jenis bisnis online membership ini adalah dimana Anda membuat suatu grup/komunitas online yang dimana anggotanya diharuskan membayar untuk bisa bergabung.

Bisa sekali bayar bisa juga membayarnya tiap bulan.

Biasanya bisnis membership ini bertujuan untuk sebagai wadah untuk belajar, sharing, ataupun sebuah forum yang dimana harus bayar terlebih dahulu untuk bisa masuk ke forum tersebut.

4. Publisher

Jenis bisnis ini adalah dimana Anda memiliki sebuah blog/website dimana didalam blog tersebut terdapat sebuah iklan. Nah, ketika ada orang yang berkunjung ke blog Anda lalu ia mengklik iklan yang tayang di blog Anda. Maka saat itulah Anda mendapatkan komisi.

Ada juga yang per Tayang. Artinya mereka membayar Anda ketika iklan mereka tayang di blog Anda selama beberapa waktu. Tergantung, biasanya ada yang satu minggu, satu bulan atau beberapa bulan. Tergantung kesepakatan dengan pengiklan.

 

Nah, itu dia adalah ringkasan dari keempat jenis bisnis online yang harus Anda ketahui. Gimana? sudah tertarik untuk mencoba salah satunya atau sudah sukses menjalankan salah satu bisnis online di atas.

yuk sharing pengalaman suksesnya di kolom komentar di bawah.

Gravatar Image
Seorang Internet Marketer. Bukan mastah bukan juga newbie. Hanya ingin berbagi segala hal tentang Internet Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *