Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Inilah Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Posted on

Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang Cara Menghasilkan Uang Dari Blog secara terperinci.

Tulisannya agak panjang, jadi siapkan kopi dan cemilan agar tidak bosan membacanya.

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet. Salah satunya adalah dari blog. Sudah banyak orang yang menghasilkan uang dari blog mulai dari jutaan, puluhan juta, bahkan sampai ratusan juta perbulannya dari blog.

Mungkan Anda pernah melihat screenshot penghasilan yang dipamerkan para mastah di luar sana. Sehingga Anda tergiur untuk membuat blog yang menghasilkan.

Tapi, tunggu dulu…

Anda harus tahu bagaimana mindset seorang blogger yang tepat.

Mindset Seorang Blogger Yang Tepat

Bisa membuat blog saja tidak cukup untuk dapat menghasilkan uang. Ada alur kerja yang musti Anda lakukan. Namun semua itu akan sia-sia dan alur kerja yang Anda buat tidak akan berjalan lancar tanpa memiliki mindset yang tepat.

Berikut ini adalah mindset yang harus Anda miliki sebagai seorang blogger.

Ngeblog Bukan Cara Cepat Untuk Mendapatkan Uang

Jika Anda ingin mendapatkan uang dengan cepat. Ngeblog bukanlah jawabannya.

Untuk menghasilkan uang dari blog, ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Kebanyakan blogger pemula seperti yang saya lakukan dulu adalah bahwa saya mengira dapat menghasilkan uang dari blog dengan cepat. Ternyata tidak.

Anda membutuhkan sabar dan konsistensi untuk membangun sebuah blog sampai benar-benar menghasilkan. Serta fokus pada topik yang di bahas pada blog yang Anda bangung

Konten Vs Trafik

Konten dan trafik adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari blog agar dapat menghasilkan.

Jika Anda memperhatikan blog-blog besar yang memiliki penghasilan ratusan juta, pasti Anda akan menemukan konten yang berkualitas, desain web yang nyaman dibaca.

Dengan begitu banyak pengunjung (trafik) yang datang dan betah berlama-lama di dalam blog Anda.

Anda memerlukan konten dan trafik agar blog Anda menghasilkan

SEO Bukan Satu-satunya Sumber Trafik

Kesalahan yang kerap dialami blogger pemula adalah bahwa satu-satunya sumber trafik yang bisa didapatkan adalah dari google. Alias menerapkan teknik SEO.

Sebenarnya ada banyak sekali trafik yang dapat meningkatkan pengunjung ke blog Anda selain SEO. Seperti Sosial Media, List Building, atau beriklan.

Jika kita lihat dari gambar di atas. Menunjukan bahwa SEO bukanlah satu-satunya sumber trafik. Masih ada sosial media yang menempati urutan pertama.

Anda juga bisa membangun email list untuk mendapatkan trafik yang terus menerus.

Menghasilkan Uang dari Blog Tidak Hanya dari Google Adsense

Googlae adsense bukanlah satu-satunya sumber pendapatan suatu blog. Dengan memiliki blog, Anda berpotensi memiliki banyak sumber pendapatan. Tergantung untuk tujuan apa Anda membuat blog tersebut.

Pada sub judul terakhir saya akan menjelaskan bagaimana menjadikan blog sebagai mesin pencetak uang.

Blog Menjadi Sebuah Aset Jangka Panjang

Blog yang Anda bangun akan menjadi sebuah Aset jangka panjang Anda. Bayangkan jika Anda memiliki sebuah blog yang mempunyai ratusan ribu pengunjung per harinya. Sudah bisa dipastikan blog tersebut sangat berpotensi sebagai mesin pencetak uang untuk Anda.

Namun semua itu tidaklah instan, butuh perjuangan kerja keras untuk menjadikan blog sebagai sebuah aset yang terus-menerus menghasilkan.

Membuat Blog Yang Mampu Menghasilkan Uang

Sebelum membuat blog yang menghasilkan. Anda harus menentukan dulu tujuan Anda dalam membuat blog.

Ada orang-orang yang memang membuat blog tidak untuk make money, mereka hanya senang menulis dan menjadikan blog sebagai media untuknya berekspresi. Ada juga yang memang menjadikan blog untuk menghasilkan uang. Seperti blog yang Anda baca ini, memang saya buat khusus untuk make money online. 🙂

Setelah Anda menentukan tujuan untuk apa Anda membuat sebuah blog. Maka selanjutnya adalah…

Memilih Topik Blog Yang Tepat

Memeilih topik untuk blog yang Anda bangun sangatlah penting. Karena jika Anda tidak memiliki suatu topik yang dibahas di blog alias mencampur aduk semua topik dalam satu blog.

Menurut saya itu kurang bagus ya.

dan banyak blogger lain yang berpendapat sama.

Dengan memiliki satu topik blog yang membahas sesuatu. Maka kita bisa mengetahui siapa saja orang yang datang ke blog yang sudah kita bangun.

Misalnya, saya membuat sebuah blog bertemakan Android. Maka saya sudah bisa memastikan bahwa yang berkunjung ke blog saya adalah orang-orang yang senang dengan Android dan mencari informasinya ke blog saya.

Agar Anda mudah dalam memilih topik blog, Anda bisa baca tuisan saya yang berjudul Tips Memilih Topik Blog.

Membuat Blog

Anda bisa membuat sebuah blog baik itu secara gratis maupun berbayar yaitu menggunakan domain dan hosting.

Untuk membuat blog gratis biasanya orang-orang banyak yang menggunakan platform blogger.com dan wordpress.com, tapi kebanyakan blogger pro mereka menggunakan wordpress self hosted (WordPress.org ) yang membutuhkan domain dan hosting untuk membuatnya.

Saya sendiri menggunakan wordpress self hosted. Jadi saya menyarankan ketika Anda ingin membuat sebuah blog. Gunakanlah WordPress self hosted.

Memang ini berbayar, tapi banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan ketimbang menggunakan platform blog gratisan.

Disini saya tidak akan menuliskan tutorial cara membuat blog, karena Anda bisa menemukannya di channel youtube saya disini Pondok IM.

Isi Blog Dengan Konten Berkualitas

Setelah Anda berhasil membuat sebuah blog, selanjutnya adalah mengisi blog yang sudah Anda buat dengan konten-konten yang berkualitas dan orisinil (tidak Copas).

Tulislah artikel semenarik mungkin di blog sesuai konten yang sudah Anda tentukan.

Pastikan konten yang Anda buat itu SEO friendly. Agar konten yang Anda buat nangkring di halaman pertama google sehingga dari situ diharapkan blog Anda mendapatkan pengunjung organik.

Anda bisa mempelajari bagaimana cara membuat konten yang SEO Friendly serta bagaimana meriset kata kunci agar blog Anda dapat dengan mudah berada di halaman satu google.

Promosikan Konten Kepada Pembaca Yang Tepat

Setelah Anda membuat konten di blog. Langkah selajutnya adalah promosikan konten yang sudah Anda tulis itu ke berbagai media sosial seperti facebook, twitter, linkedin, Google+, Pinterest dll.

Tujuan dari mempromosikan konten yang sudah dibuat adalah untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke blog yang sudah Anda buat.

Ingat pada pembahasan awal. Untuk mendapatkan pengunjung ke blog jangan hanya mengandalkan SEO. Maksimalkanlah berbagai media yang ada untuk menarik pengunjung ke blog yang sudah Anda buat.

Membangun Kedekatan dengan Pembaca Blog

Jangan biarkan orang yang sudah rela menghabiskan waktunya untuk membaca blog Anda pergi begitu saja.

Bangunlah kedekatan dengan pembaca blog Anda dengan memintanya email untuk berlangganan. Agar suatu hari nanti kita bisa menyapa pembaca lewat email dan kita juga bisa memberitahunya jika kita mempublish sebuah konten baru.

Seperti blog panduanim.com. Ketika Anda mengunjungi blog tersebut, maka hal pertama yang akan Anda lihat adalah… (lihat gambar dibawah)

Dia meminta email pengunjung. Kebayang, jika Anda memiliki 10ribu lebih email yang daftar dengan suka rela sebagai email list Anda? dan ketika Anda mempublish sebuah konten, kemudian Anda beritahu mereka (email list Anda yang berjumlah 10ribu list itu).

Pasti Anda akan kebanjiran pengunjung ke blog Anda.

Jadi jangan sia-siakan mereka yang sudah mengunjungi blog Anda.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog dan Menjadikan Blog Sebagai Mesin Pencetak Uang

Pada sub judul terakhir ini kita akan masuk lebih dalam ke inti judul artikel ini yaitu Cara Menghasilkan Uang dari Blog. Dimana pada bagian terakhir ini saya asumsikan Anda sudah memiliki blog yang ramai pengunjung.

Membuat Produk Sendiri

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog Anda bisa menjual produk sendiri yang sesuai dengan pengunjung blog Anda. Anda bisa menjual produk fisik maupun produk digital.

~ Produk Fisik

Jika Anda menjual produk fisik, banyak hal yang harus Anda perhatikan seperti biaya produksi, customer sevise, serta biaya pengiriman.

Jualah produk fisik yang masih sesuai dengan tema blog Anda. Giring pengunjung blog Anda untuk memasukkan email atau no hp mereka. Sehingga dengan begitu Anda bisa mempromosikan produk Anda kepada list email/no hp yang sudah Anda kumpulkan.

~ Produk Digital

Anda juga bisa menjual produk digital di dalam blog yang Anda bangun.

Enaknya jika Anda berjualan produk digital adalah Anda tidak perlu repot-repot mengurus biaya produksi dan juga pengiriman barang.

Jenis-jenis produk digital yang bisa Anda jual seperti E-book, video course, atau sesuatu yang bersifat informasi yang dibutuhkan para pembaca blog Anda.

Mengikuti Program Affiliasi

Anda bingung bagaimana caranya membuat produk untuk dijual di blog? Tenang saja, Anda bisa mengikuti program affiliasi alias menjual produk orang lain.

Anda bisa mendaftar di situs yang menyediakan program affiliasi seperti lazada.co.id, idaff.com, ratakan.com dll.

Enaknya menjadi affiliate adalah Anda tidak perlu bingung dengan urusan produksi sampai bagian pengiriman. Karena semua itu sudah diurus oleh pemilik produk.

Tugas Anda hanyalah mempromosikan produk tersebut lewat blog.

Menjual Jasa di Blog

Jika Anda memiliki keahlian khusus. Anda bisa menjualnya di blog yang Anda bangun. Misalnya, jika Anda memiliki keahlian di bidang design. Anda bisa menjualnya di blog yang Anda bangun.

Untuk dapat menjual jasa diblog, Anda juga tidak mesti memiliki keahlian dengan tema blog Anda. Anda bisa join dengan orang yang memiliki keahlian tersebut. Tugas Anda hanya mempromosikan jasanya di blog.

Nah, enak bangetkan jika memiliki blog yang ramai pengunjung.

Menjadi Publisher

Anda juga bisa menjadi seorang publisher. Apasih publisher itu? Intinya adalah Anda menayangkan iklan di blog Anda, dan ketika pengunjung blog Anda tertarik dengan iklan yang ada di blog Anda, lalu kemudian mereka mengklik iklan tersebut. Maka dari situlah Anda mendapatkan bayaran. Atau istilahnya PPC (Pay Per Click)

Situs yang paling populer Google Adsense, Banyak orang yang sudah menghasilkan puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah dari Google Adsense.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadi publisher?

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa baca 7 Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

Kesimpulan

Dari sekian banyaknya Cara Menghasilkan Uang Dari Blog, saya sarankan Anda memilih satu sumber penghasilan dari blog Anda. Kalau bisa lebih itu lebih baik. Namun jangan sampai Anda kehilangan fokus setelah menentukan tujuan dalam membangun blog.

Jika Anda sudah membangun blog untuk tujuan memasarkan produk orang lain alias menjadi Affiliate, Maka fokuslah sampai Anda mendaptkan penghasilan rutin dari blog affiliasi yang Anda bangun.

Untuk itu sangat diperlukan kesabaran, fokus dan juga konsistensi sampai Anda dapat menghasilkan uang dari blog.

Oke, demikian postingan Cara Menghasilkan Uang Dari Blog yang saya tulis. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar internet marketing, Anda bisa menanyakannya di kolom komentar atau melalui halaman kontak.

Anda juga bisa subscribe channel youtube saya di PondokIM untuk mendapatkan video tutoruial tentang bisnis online.

Gravatar Image

Seorang Internet Marketer. Bukan mastah bukan juga newbie. Hanya ingin berbagi segala hal tentang Internet Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *