Tips dan Trik Berjualan di Akun Facebook Personal Bagian 1

Tips dan Trik Berjualan di Akun Facebook Personal Bagian 1

Posted on

Sebenarnya untuk berjualan di Akun Facebook personal itu sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengupload Foto produk jualan Anda, dengan di sertai deskripsinya. Namun, hal seperti itu sangat tidak efektif menurut saya. Karena fungsi Facebook sendiri adalah sebagai media sosial bukan marketplace yang memang tempatnya orang untuk berjualan.

Kemungkinan untuk banjir orderanpun sangat sedikit. Apalagi jumlah pertemanan di FB yang di batasi sampai 5000 saja. Walaupun Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dengan “mentag” mereka di foto jualan Anda atau membuat grup yang berisikan penawaran atau promosi produk Anda lalu memasukkan teman fb anda ke dalam grup tsb.

Namun, yang seperti itu akan sangat mengganggu mereka dengan notif yang tidak penting untuknya. Bisa-bisa akun fb Anda malah akan di unfriend olehnya karena hanya jualan saja.

Lalu, bagaimana mengatasinya agar jualan di facebook personal lebih efektif?

Mari kita bahas.

Tips dan Trik Berjualan di Akun Facebook Personal

Setidaknya ada 7 hal yang harus Anda lakukan Agar jualan di Facebook Personal menjadi lebih Efektif

1. Membangun Personal Branding Melalui Akun Personal

Agar Anda dapat dengan mudah menjual produk di fb, hal yang harus Anda lakukan adalah membangun personal branding di FB tentang diri Anda.

 

Personal Brand adalah image yang kuat dan jelas yang ada di benak klien 
Anda… (Montoya)

Jadi, ketika Anda baru pertama kali membuat akun FB. hal yang harus Anda lakukan adalah mengenalkan siapa diri Anda kepada teman2 Facebook Anda. Jadi jangan langsung jualan.

Ingat Jangan Langsung Jualan!

Cara Membangun Personal Branding

Didalam buku Gara Gara Facebook karya Dewa Eka Prayoga, menjelaskan tentang tujuh hal penting yang mesti Anda pahami tentang rahasia membangun personal branding yang menjual, diantaranya:

  1. Tentukan Value
  2. Optimalkan Kekuatan
  3. Tonjolkan Keunikan
  4. Percantik Tampilan
  5. Asah Kemampuan
  6. Perbanyak Prestasi
  7. Promosikan Diri

Untuk lebih jelasnya tentang ke tujuh poin di atas Anda bisa melihat bukunya disini.

Cara Setting Akun Facebook Personal

Untuk membangun personal branding Anda. Maka anda perlu mensetting beberapa hal pada akun fb Anda. Agar ketika orang lain (calon buyer) melihat profil Anda. Mereka langsung tahu siapa Anda. Berikut cara settingnya.

1. Buatlah Nama Facebook disertai Personal Branding Anda

Buatlah nama facebook disertai embel-embel usaha yang Anda jalankan atau identitas yang ingin Anda kenal. Misalnya Rina Hijab (jualan hijab), Dewa Selling (Jago Jualan), Ahmad Desain (jago desain), Andri Blogger (Jago Ngeblog) hehe…

Hindari nama-nama facebook yang Alay seperti Roni Cinta Dia, Agung Sayang Dia Selamanya, Budi selalu setia dan semacamnya hehe…

Anda juga bisa menggunakan nama asli Anda, disertai dengan nickname profesi Anda, misalnya: Dewa Eka Prayoga (Dewa Selling), Subiakto Priosoedarsono (Praktisi Branding), Andri Hakim (Suka Bisnis) dan lain lain.

Dengan memakai embel-embel personal branding Anda di nama facebook Anda. Maka dengan begitu akan lebih mudah diingat oleh teman-teman Anda.

Buatlah personal branding yang memang itu menjadi keahlian atau hobi Anda. dan jangan merubah nama facebook Anda sampai kapanpun.

2. Pasang Foto Profil yang Keren

Gunakanlah foto profil yang keren dan profesional. Ketika teman-teman Anda melihat foto profil Anda, mereka Akan mereasa percaya dengan Anda dan personal branding yang Anda bangun.

3. Pasang Cover Facebook yang Menjual

Cover facebook ini juga berfungsi sebagai banner untuk memajang foto produk Anda. Bisa juga untuk mengenalkan promo yang sedang berlangsung di toko online Anda.

Seperti ini

Nah, untuk membuat cover facebook yang menjual. Anda bisa menggunakan aplikasi PhotoShop dengan Lebar 828px x 315px atau Anda juga bisa menggunakan canva.com untuk mendesain cover facebook Anda.

2. Membuat Grup Facebook

Saat saya menjadi seorang reseller. Terutama menjadi reseller buku Billionaire Store. Saya seringkali diajarkan untuk membuat grup facebook. Atau yang sering di istilahkan membuat kolam uang.

Mungkin Anda yang membaca ini pun sudah gabung di grup facebook yang saya kelola yang bernama Ngobrol Internet Marketing Bersama PondokIM.com kalau belum silahkan gabung.

Kesalahan Banyak Orang dalam Membangun Grup Facebook

Pernah nggak sih suatu ketika Anda dimasukkan ke dalam grup yang
Anda sendiripun tidak ingin berada didalamnya, tanpa persetujuan Anda dulu. Pernah?

Saya seringkali mengalami hal seperti itu. Saya dimasukkan ke dalam grup tanpa permisi dulu oleh adminnya. Setelah berada di dalamnya, hanya berisi produk-produk yang mereka jual. dan ini sangat mengganggu.

Nah jika Anda ingin membuat sebuah grup. Jangan paksa orang untuk masuk kedalamnya. Tapi biarkanlah ia bergabung sendiri karena memang ia merasa ada manfaatnya jika bergabung di grup yang telah kita buat.

Ada 3 Jenis grup yang bisa Anda buat

  1. Public Grup. Grup jenis ini sangat cocok sekali untuk menjaring market. Ubah mereka dari yang hanya sekedar teman menjadi member di dalam grup yang Anda kelola. Terlebih lagi pada akun personal yang memang hanya terbatas untuk 5000 teman saja.
  2. Closed Grup. Ketika Ada orang yang membeli produk yang Anda jual. Anda bisa memasukkan mereka ke dalam grup khusus dengan settingan closed grup. Berikan mereka konten-konten yang bermanfaat. Support mereka, agar menjadi fans loyal Anda. Sehingga akhirnya mereka akan beli dan beli lagi produk Anda.
  3. Secret Grup. Gurp jenis ini bisa Anda gunakan untuk merekrut orang-orang tertentu saja. Memang hampir sama dengan closed grup bedanya jika secret grup tidak bisa di temukan di fitur pencarian.

Mungkin Anda bertanya-tanya jenis grup seperti apa yang sebaiknya Anda buat?Saya merekomendasikan Anda untuk membuat Public Grup. Kenapa? karena di dalamnya terdapat fitur “Share”nya di setiap postingan yang Anda buat.

Sehingga, ketika Anda membuat konten yang bagus, member grup Anda bisa share ke teman mereka dan lebih berpotensi menjadi viral, sehingga banyak yang join grup Anda.

Cara Membuat dan Setting Grup Facebook

1. Klik Segitiga yang Ada di pojok Kanan Atas. Kemudian Klik Create Grup

2. Lakukan pengaturan

1. Ubah nama grup sesuai dengan keinginan Anda atau masih berhubungan dengan produk yang Anda jual. Misal jika saya jualan makanan kucing. Maka saya akan buat grup dengan nama “Komunitas Pecinta Kucing”

2. tambahkan seseorang untuk menjadi member digrup Anda. Pastikan orang yang Anda masukan ke dalam grup tersebut memang tertarik dengan isi yang ada di grup tersebut.

3. Pada bagian Select Privacy. dari Closed Grup Ubah menjadi Public Group. Setelah itu klik Create

Oke sekarang Anda sudah memiliki grup sekarang tinggal Edit Setting Grup

1. Membership Approval. Settingan ini bertujuan agar siapa saja member Anda dapat menambahkan temannya untuk menjadi member grup Anda atau istilahnya member get member.

2. Posting Permissions. Pada settingan ini siapa saja dapat memposting ke dalam grup.

3. Post Approval. Setiap member yang sudah memposting kedalam grup. Maka postingan tersebut akan di moderasi oleh Admin. Apakah postingan tersebut layak tampil atau tidak. Hal ini untuk menghindari adanya spam.

Nah, ketika semua settingan sudah beres. Sekarang saatnya bagi Anda untuk membuat peraturan/rulers grup yang telah Anda buat.

Tugas Anda berikutnya adalah untuk mendatangkan member ke dalam grup Anda. Caranya bisa dengan membuat konten yang menarik di dalam grup Anda lalu kemudian Anda share postingan tersebut ke timeline Anda.

Nah di dalam buku Gara Gara Facebook di jelaskan bagaimana Cara Mendatangkan 1000 Member Pertama.

Intinya untuk mendatangkan banyak member ke grup adalah dengan membuat konten viral

Semakin viral kontennya, semakin banyak orang yang masuk ke grup Anda…

3. Tanpa Interaksi, Tidak Ada Transaksi

Sebuah prinsip yang harus Anda ingat dalam jualan di sosial media adalah Tanpa adanya interaksi Maka tidak akan ada Transaksi.

Yes, Anda harus sering-sering berinteraksi dengan teman FB Anda seperti

  • Like di setiap statusnya
  • Komen jika statusnya menarik dan memancing komentar
  • Share jika memang statusnya bermanfaat
  • Kalau ada yang komen di status Anda, Balas
  • Kalau ada yang chat dengan Anda, Balas
  • Dan seterusnya…

Dengan seringnya berinteraksi dengan teman FB Anda. Otomatis mereka akan kenal siapa Anda. Ketika mereka sudah kenal siapa Anda, merekapun akhirnya nyaman dengan Anda dan ketika Anda menjual sesuatu merekapun mau membelinya dari Anda.

Bedahalnya ketika Anda jarang berinteraksi dengan mereka lalu kemudian Anda jual produk kemereka. Jangankan bertanya manfaat produknya apa, bisa-bisa Anda langsung di unfriend karena jualan mulu hehe…

Yuk, mulai dari sekarang kita gunakan facebook sebagaimana fungsinya yaitu sebagai media sosial.

Bangunlah interaksi. Hidupkan Facebook Anda. Manusiakan teman Anda

Bersambung…

 

Gravatar Image

Seorang Internet Marketer. Bukan mastah bukan juga newbie. Hanya ingin berbagi segala hal tentang Internet Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *