Tips Jualan Online Untuk Pemula Agar Laris

Tips Jualan Online Untuk Pemula Agar Laris

Posted on

Jualan online menjadi tren saat ini. Banyak sekali orang yang mulai memanfaatkan teknologi digital untuk berjualan online.

Persainganpun semakin ketat dikarenakan banyaknya orang yang melakukanya. Mereka berjualan mulai di marketplace, sosial media, hingga memiliki toko online sendiri.

Dari banyaknya persaingan ada yang berhasil, namun tidak sedikit juga yang gagal. Apalagi jika Anda adalah seorang pemula yang baru berjualan online.

Daripada asal jualan dengan teknik yang belum terbukti berhasil, disini saya akan membagikan kepada Anda beberapa tips ampuh yang bisa Anda gunakan untuk berjualan online.

Tips Jualan Online

1. Menentukan Produk Yang Ingin di Jual

Kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang adalah tidak tahu produk apa yang ingin di jual. Jadi sebelum Anda berjualan online. Anda harus menentukan dulu produk apa yang ingin Anda jual.

Jika saat ini Anda tidak memiliki produk untuk di jual. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Mudah Menjadi Reseller dan Dropshipper Sukses

Banyak sekali supplier yang membuka sistem dropship untuk memasarkan produknya.

Saya sendiri terdaftar di beberapa supplier untuk memasarkan produknya. Jika Anda ingin berjualan produk-produk custom. Saya sarankan untuk bergabung di Dropshipaja.com.

2. Membuat Website Toko Online

Setelah Anda berhasil menentukan produk yang dijual. Selanjutnya adalah membuat website toko online. Yes, memang memerlukan biaya untuk membuat toko online, namun yang harus kita pahami disini adalah bahawa harga untuk membuat toko online jauh lebih murah ketimbang Anda menyewa sebuah ruko/kios untuk berjualan.

Saya sendiri saat membuat toko online menggunakan domain dan hosting dari niagahoster.co.id, di bandingkan dengan penyedia hosting lainnya niagahoster lebih oke untuk hal pelayanan.

Setelah itu, Anda bisa membuat toko online menggunakan CMS WordPress dan Plugin Woocommerce. Namun Anda juga bisa menggunakan theme toko online dari Lapakinstan.com tanpa harus menggunakan plugin dari woocommerce.

Jika Anda tidak mau repot-repot membuat toko online sendiri. Anda bisa memakai jasa pembuatan website untuk membuatkan sebuah toko online Anda.

3. Buat Akun Sosial Media Khusus Toko Online

Setelah Anda berhasil membuat toko online. Selanjutnya adalah membuat akun sosial media khusus untuk jualan online.

Anda bisa membuat sosial media di Facebook Page, Twitter, Instagram, Youtube.

Yang harus Anda ingat setelah membuat akun sosial media adalah bahwa sosial media merupakan tempat untuk orang-orang mecari hiburan, berkomunikasi dengan teman, mencari informasi, belajar, dan jualan.

Jadi jangan gunakan media sosial hanya untuk memposting produk saja. Tapi postinglah sesuatu yang menghibur serta bermanfaat.

Rutinlah memposting sesuatu di sosial media yang sudah Anda buat minimal 2x post sehari.

Oke, kita lanjut ke tips jualan online yang ke empat

4. Datangkan Trafik ke Website Toko Online

Memiliki trafik yang banyak ke website toko online Anda, maka otomatis akan meningkatkan penjualan produk Anda. Pastikan Anda mendatangkan trafik yang tertarget sesuai dengan target market produk Anda.

Gunakan funneling untuk mengubah trafik atau pengunjung toko online Anda menjadi pembeli

Tips Jualan Online Untuk Pemula Agar Laris

Untuk mendatangkan trafik ke toko online Anda bisa menggunakan:

Free Trafik (Trafik Gratisan)

Trafik gratisan ini bisa Anda gunakan dengan mengoptimasi toko online Anda sehingga berada di halaman 1 google atau teknik ini yang biasa disebut dengan SEO (Search Engine Optimation). Dengan teknik ini calon pembeli Anda dapat dengan mudah menemukan produk Anda melalui mesin pencari google.

Paid Trafik (Trafik Berbayar)

Paid Trafik ini sangat powerfull ya. Karena Anda bisa mendatangkan pengunjung dengan sangat tertarget. Kekurangn dari paid trafik adalah berbayar.

Dengan paid trafik Anda bisa membidik orang-orang seperti Apa yang akan mengunjungi toko online Anda. Anda bisa beriklan menggunakan Facebook Ads atau Google Adword.

Sekali lagi, kelebihan yang sangat powerfull dari paid trafik adalah kita bisa menentukan orang-orang seperti apa yang akan mengunjungi toko online Anda.

Nah, pada tips jualan online berikutnya. Anda akan belajar bagaimana membuat jualan online Anda menjadi laris manis.

Buat Jualan Online Laris Manis

Pada Sub judul ini saya akan membahas bagaimana caranya agar jualan online Anda menjadi laris manis.

1. Membangun Database Pembeli / Calon Pembeli

Anda harus membangun database pembeli / calon pembeli baik berupa no. Hp, BBM, Email, ataupun Pixel sekalipun. Dengan membangun database pembeli itu sama saja Anda sedang mengumpulkan harta karun yang bisa Anda gali setiap saat.

Artinya, ketika Anda sudah banyak memiliki database pembeli, ketika Anda memiliki produk baru. Anda bisa langsung menjualnya kepada orang-orang yang sudah pernah membeli produk Anda sebelumnya.

Toko Online dibangun berdasarkan pembeli lama. Jadi, data para pembeli Anda adalah aset Anda yang sangat berharga.

2. Perluas Jangkauan Pemasaran dengan Beriklan

Setelah Anda memiliki banyak database. Dengan itu, Anda bisa memperluas jangkauan pembeli.

Anda bisa menggunakan fitur Lookalike Audience dari Facebook Ads.

tips jualan online

Dengan fitur Lookalike audience, Anda bisa mengiklankan produk Anda kepada orang-orang yang serupa dengan pembeli Anda. Facebook akan mencari orang-orang yang mirip dengan database pembeli yang Anda berikan ke facebook.

3. Membangun Tim Penjualan

Mendapatkan omzet milyaran dari toko online hanya seorang diri itu nggak mudah. Yang ada, Anda akan capek mengerjakan semuanya sendiri tapi omzet yang didapat stagnan alias tidak ada kemajuan.

Oleh karena itu untuk mendapatkan omzet miliyaran akan sangat mudah sekali jika Anda membangun tim penjualan. Tim pejualan disini bisa berupa karyawan yang membantu tugas-tugas Anda, dropshiper, ataupun reseller.

Jika Anda ingin membangun tim penjualan saya sarankan Anda untuk membaca buku Dongkrak Omzet Miliyaran dengan Tim Penjualan

Dalam buku itu Anda akan belajar bagaimana caranya membangun tim penjualan yang solid, yang akan melejitkan omzet Anda hingga angka miliaran.

Nah, itu saja Tips Jualan Online dari saya. Jika, Ada pertanyaan seputar internet marketing Anda bisa menanyakannya melalui halaman kontak atau komentar di bawah.

Gravatar Image
Seorang Internet Marketer. Bukan mastah bukan juga newbie. Hanya ingin berbagi segala hal tentang Internet Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *